Granat Nanas Aktif Ditemukan di Kramat Jati Jakarta Timur

Petugas Sumber Daya Air (SDA) Kecamatan Kramat Jati menemukan sebuah granat nanas aktif di saluran air permukiman warga, Jalan Batu Bulat III, RT 18/RW 05, Kelurahan Batu Ampar, Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur, Jumat (18/2/2022). Sekretaris RT 18 RW 05 Kelurahan Batu Ampar, Agus Suryanto mengatakan granat itu ditemukan sekira pukul 13.45 WIB. "Saya dapat telepon dari Bu RW bahwa petugas SDA yang sedang bersihkan kali menemukan sebuah granat," ujar Agus, Jumat (18/2/2022).

Ketika itu granat tersebut ditemukan tersangkut di dasar aliran, dalam keadaan tidak terbungkus alias utuh oleh petugas Sumber Daya Air Kecamatan Kramat Jati ketika membersihkan saluran air. Terkait penemuan granat, pihaknya lalu melapor ke Polsek Kramatjati yang berkoordinasi dengan Bhabinkamtibmas agar langsung menghubungi pihak kepolisian. Tidak lama, Tim Gegana Polda Metro Jaya tiba di lokasi dan mengamankan granat berwarna hitam yang sempat ditempatkan di kantor Sekretariat RT 18/RW 05 Batu Ampar.

"Kata petugas Gegana (granatnya) masih sangat aktif. Beratnya saya kurang memastikan, tapi saya coba mengangkat sekitar dua kilogram," ujarnya. Agus menambahkan saat proses evakuasi yang dilakukan personel Gegana Brimob Polda Metro Jaya, granat tersebut sempat dilakban dan diberi lapisan guna menghindari benturan. "Tadi dibungkus terus dilakban supaya aman. terus dibawa. Pinnya kebetulan patah. Pin itu kan ada yang berbentuk kunci, cincin, yang berbentuk cincin itu yang patah," ucapnya.

Menurut Agus, penemuan granat semacam ini baru pertama kali terjadi di lingkungannya. Alhasil warga sekitar lokasi kejadian itu sempat dibuat kaget dengan peristiwa tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.