Dieng Capai Suhu Minus 2 Derajat Celcius Pagi Ini, Muncul Embun Es, Jadi Trending Topic di Twitter

Suhu di kawasan wisata Dieng pagi ini menarik perhatian dengan munculnya embun es. Suhu Dieng pada pagi Kamis (30/6/2022) ini tercatat minus 1,93 derajat Celcius. Dieng sempat trending topic di Twitter, embun pun membeku seperti butiran butiran es yang muncul di hamparan rerumputan.

"Suhu udara berarti sekitar 2'C. Dingin banget. Kemunculan embun es sudah terprediksi dari kemarin sore," tulis akun Instagram wonosobo_wisata. "Dengan tanda tanda cuaca dari pagi sampai sore cerah, awan yang terbentuk sedikit. Suhu pun turun terus dari sore sekitar 2 derajat per jam," tulisnya lagi. "Hingga pagi tadi sekitar pukul 06.00 suhu terdingin yang tercatat minus 1,93'Celcius," tulis akun Instagram wonosobo_wisata.

Dikutip dari Kompas.com, Fenomena embun es kembali muncul di kawasan Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, pada Kamis (30/6/2022) pagi. Kepala Unit Pengelola Teknis (UPT) Pengelola Wisata Dieng, Sri Utami mengungkapkan, pagi ini suhu di kawasan tersebut mencapai minus 1 derajat celsius. "Dari semalam sudah mulai dingin, pagi ini suhunya minus 1 derajat celsius," kata Sri, kepada wartawan, pada Kamis.

Embun es, kata dia, muncul di beberapa titik, yaitu kompleks Candi Arjuna, lapangan sekitar Candi Arjuna dan Dharmasala. Dia mengatakan, fenomena embun es ini merupakan yang kedua di tahun 2022. Embun es kali pertama muncul pada Januari 2022 lalu. "Ini pertama (muncul embun es) ketika suhu minus pada bulan ini, sebelumnya Januari saat 3 derajat celsius membeku," ujar dia.

Untuk wisatawan yang akan menikmati embun es, dia mengimbau, agar membawa jaket tebal. "Untuk wisatawan kami imbau untuk mempersiapkan pakaian tebal biar hangat. Karena beberapa hari ini terasa lebih dingin dari sebelumnya," kata dia. Akun instagram dieng.travel menuliskan postingan suhu Dieng yang mencapai minus 2 derajat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.