3 Tantangan yang Kerap Dihadapi oleh Para Pebisnis Tingkat Pemula

Jika kamu ingin membangun bisnis, hendaknya memikirkan strateginya terlebih dahulu dan kenali tantangannya. Pasalnyamembangun bisnis bagi pemula tidak semudah seperti yang dibicarakan, pasalnya ada risiko terburuk yang mungkin terjadi, seperti kebangkrutan. Ada beberapa hal yang perlu pebisnis pelajari selain mental yang kuat untuk mencapai tujuan.

Diketahui ada tiga tantangan dalam berbisnis yang kerap dihadapi oleh pebisnis pemula. Dilansir dari , berikut ini tiga tantangan bisnis bagi pemula, simak ya! Pahamilah bahwa baik itu usaha kecil maupun besar selalu dihadapkan dengan persaingan bisnis.

Mulai dari segikualitas, tempat usaha, harga, pelayanan, gimmick, hingga pemasaran produk. Dengan memahami adanya persaingan bisnis ini maka pebisnis pemula harus menyesuaikan dinamika bisnis. Salah satu strategi yang dapat digunakan untuk pebisnis pemula yakni growth strategy .

Growth strategy merupakan strategi memperbaiki atau meningkatkan kualitas produk. Modal menjadi hal utama dalam mengoperasikan jalannya suatu bisnis. Di mana bagi pemula, kurangnya modal itu bisa menjadi penghambatproses pemasaran bahkan produksi.

Oleh karena itu pebisnis pemula harus jeli dalam mengatur arus kas,termasuk dengan mengumpulkan modal di luar kegiatan usaha. Adapun solusi lain yang bisa dijajal pebisnis pemula yaitu denganmembuat strategi permodalan yang baik untuk mendapatkan program pembiayaan. Walaupun pebisnis pemula telahmelakukan riset panjang dan berbagai percobaan, keberhasilan suatu usaha tetap ditentukan pasar yang sangat dinamis.

Kondisi ini menuntut pebisnis untuk selalu peka pada perubahan serta harus berani mengambil keputusan. Namun demikian perlu dicatat bahwa kesalahanpengambilan keputusan bisa berbuntut pada tidak berkembangnya bisnis. Alhasil bisa muncul kerugianyang terus membengkak.

Maka dari itu, pebisnis pemula harus tetap aktif untuk mempelajari produk, mendengarkan masukan, berinovasi, dan jangan takut untuk mencoba coba hal baru. Nah Kawan Puan apabila kamu merupakan seorang pebisnis pemula, sebaiknya pelajari tantangan yang ada pada produkmu ya. Tujuannya agar kamu bisa mendapatkan solusi yang tepat serta bisnis pun berkembang dengan baik. (*)

Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.